Bukber yang keseringan di bulan Ramadhan?


Bukber alias buka bersama di bulan puasa merupakan hal yang lumrah dilaksanakan, entah itu yang dilakukan para sesama karyawan, teman, atau para ibu rumah tangga yang bermaksud reunian.
Aku bukan tipe yang kontra terhadap yang namanya bukber, hanya saja jika harus menelaah esensi dari bukber itu apa selain daripada makan kumpul-kumpul antar sesama teman? Silaturahmi? Itu saja kan?

Banyak orang yang kurang faham bahwa salah satu waktu mustajab dalam berdo’a yakni menjelang waktu berbuka dan sahur, sementara kebanyakan dalam acara bukber pasti mengobrol lah kegiatan untuk menanti bedug magrib, bahkan terkadang bisa jadi ajang bergosip. Jangankan dalam acara bukber begitu, wong di rumah saja biasanya sibuk nonton tv atau mindah-mindah chanel nyari stasiun tv mana yang duluan adzan, iya kan? ngaku deh...

Bukber boleh-boleh saja, toh namanya banyak relasi, banyak kawan setidaknya mungkin itu salah satu cara untuk tetap merekatkan silaturahim, tapiiiiii... ya sewajarnya saja. Jangan sampai ada yang ngajak bukber di sini ngikut, lain hari ada ajakan lagi di sana ngikut bisa jebol kantong. Mending buat beramal daripada sekedar untuk mengisi perut. Coba renungkan kembali saat kamu di acara bukber yang mana pasti makanan dan minuman tersedia banyak varian bahkan melimpah, apa kabar dengan keluarga mu? anak istrimu? suamimu? ayah ibu mu? atau mereka yang terlunta di jalanan?
Terlebih lagi jangan sampai acara bukber menjadi acara makber (Maksiat Bersama), saking serunya ngobrol sampai solat magrib tertinggal. Ibarat teko yang di isi air terus menerus namun bagian bawahnya bolong, pahalamu akan mengalir hilang.

Sekali lagi aku tegaskan aku bukan yang kontra, tapi ya sewajarnya saja, harus pandai memilah dan memilih mana yang perlu dan mana yang tidak. Beranilah menolak selama itu dalam hal kebenaran, posisikan diri sewajarnya. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu kurang baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"sunyi Q"

Working mom vs full time mom….

bukaaaan...!!!